Gunakan Dana Desa, Nagari Sei Pinang Tarusan Bangun Pustaka untuk Wisatawan

INDONESIASATU.CO.ID:

PESISIR SELATAN - Pemerintahan Nagari Sei Pinang Kecamatan Koto XI Tarusan mengalokasikan dana desa untuk pembangunan perpustakaan dan pembelian buku bacaan yang nantinya pustaka nagari ini bisa dinikmati oleh masyarakat nagari dan wisatawan yang berkunjung ke Nagari Sei Pinang. 

Walinagari Sei Pinang Azli Selasa (19/2) mengungkapkan pembukaan pustakaan ini sengaja dibuat agar pengetahuan masyarakat semakin bertambah . Selain itu buku bacaan ini bisa juga diperuntukan bagi wisatawan yang memang banyak berkunjung ke Nagari Sei Pinang yang terkenal akan keindahan pantainya . 

"Pustaka itu kita buat dipinggir pantai sehingga masyarakat atau wisatawan yang ingin membaca bisa sambil menikmati keindahan pantai Sei Pinang yang landai dan nyaman," ujarnya. 

Ditambahkannya pengadaan buku bacaan ini masih sedikit. Namun setiap tahunnya akan terus dialokasikan melalui dana desa untuk menambah aneka buku bacaan. Sehingga pengetahuan masyarakat semakin komplit. 

"Selain membangun Pustaka, kenagarian juga menyelesaikan pembangunan mushala yang berada disamping pustaka. Kita berharap ini bisa segera di selesaikan," harapnya 

Sementara itu Anggota DPRD Kabupaten Pessel Meni Mardanus yang berasal daei fraksi Golkar dan juga berasal dari Kenagarian Sei Pinang mengapresiasi pembangunan pustaka di Nagari Sei pinang. Dengan harapan inj akan mampu menambah pengetahuan warga dari berbagai bidang seperti pengolahan hasil tangkap ikan,pertanian dan lain lainnya. 

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan sedang membahas Peraturan Daerah (Perda ) terkait Perpustakaan agar kedepannya pustaka baik nagari hingga Kabupaten bisa berfungsi dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 

"Maka saya bersama anggota pansus Perda Perpustakaan dan Perangkat Daerah terkait, mencari referensi ke pusat ilmu pengetahuan (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah khusunya di daerah Pesisir Selatan," ujarnya Selasa (19/2)

Dijelaskannya dari hasil kunjungan didapatkan hasil bahwa perpustakaan Nasional siap membantu baik dari segi fisik maupun referensi buku.(***)

  • Whatsapp

Index Berita