Lantik 165 Kades, Bupati Nganjuk Tegaskan Ada Tiga Desa Yang Bermasalah

lurahkusno, 19 Feb 2019,
Share w.App T.Me

NGANJUK - Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat melantik 165 (Seratus enam puluh lima) kepala desa periode 2019-2025 hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 12 Februari 2019, Senin (19/2/2019), di pendopo Kabupaten Nganjuk.

Para kepala desa tersebut nantinya akan bertugas melayani masyarakat selama enam tahun ke depan.

Pelantikan dihadiri oleh Wakil Bupati Marhaen Djumadi, Ketua DPRD Puji Santoso, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo, Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta, Kejari Nganjuk, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri Nganjuk.

Tampak pula Sekda Agoes Subagyo, beserta para Asisten, Staf Ahli Bupati dan para Kepala OPD se Kabupaten Nganjuk serta tamu keluarga para Kepala Desa yang dilantik.

Dalam sambutan Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat, menegaskan amanah masyarakat wajib diwujudkan dengan kerja nyata.

Selain itu, keterbukaan informasi menjadi pedoman mutlak, untuk mewujutkan pemerintahan transparan dan dipercaya masyarakat.

“Jangan nanti kalau berfikiran menjadi kepala desa akan kaya mendadak, Anggaran dana desa dari pemerintah pusat 2019 mencapai lebih kurang ratusan miliar, Sementara untuk dana desa tahun mendatang bisa lebih, Besaran dana tersebut harus dimanfaatkan betul-betul,” jelasnya.

Bupati menuturkan, kepala desa yang sudah dipilih bukan untuk meningkatkan status sosial, tapi untuk menjadi eksekutor atau pelaksana amanah masyarakat.

“Jadi tidak ada alasan untuk meningkatkan kemajuan desa, karena dana desa sudah ditambah tiap tahunnya. Jika ada warga yang terlantar dan tidak bisa makan, akan kami sikap serius, tidak ada keterpihakan pada siapapun kalau memang terbukti seperti itu.

Selain itu pemerintah desa harus melakukan revitalisasi organisasi agar lebih solid, karena kunci dari keberhasilan kemajuan adalah kebersamaan,” ujarnya.

Bupati Novi berpesan, para kepala desa yang dilantik harus bisa memetakan potensi desa, serta melakukan Keterbukaan bersama masyarakat dengan menjujung tinggi etika khususnya warganya yang benar-benar membutuhkan 

“Saya juga berpesan untuk kepala desa lama, kami berharap dapat mendukung progran kerja kepala desa yang baru, dan selalu melakukan koordinasi untuk kemajuan desa,” imbuhnya

Disinggung keterkaitan beberapa Desa yang akhir-akhir ini menjadi viral di medsos maupun di masyarakat, Bupati menjelaskan memang ada tiga desa yang bermasalah, namun tidak mempengaruhi acara pelantikan tersebut.

"Memang benar, ada Tiga Desa yang menuntut ketidak puasa n atas Pilkades serentak, dan itu sudah kewenangan PMD, saya tidak ikut cawe-cawe,"ungkap Bupati.

Sementara Ketua DPRD Nganjuk Puji Santoso menyampaikan, bahwa pelantikan ini sudah prosedural dan fihaknya tetap mengapresiasi pelantikan meskipun ada polemik yang menurutnya ada Ketidaknyamanan.

" Menurut saya, pelantikan 165 Desa ini sudah memenuhi syarat kalaupun ada yang tidak dilantik ya kita kembalikan ke PMD Desa, simple kang," ucapnya ketika ditemui disela-sela makan siang bersama. (sakera /kla) 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami