Pantai Cemara, Pusat Wisata Edukasi di Banyuwangi

INDONESIASATU.CO.ID:

BANYUWANGI - Banyuwangi saat ini menjadi kota wisata yang diburu para penggiat traveling. Banyak destinasi yang bisa dinikmati keindahannya, salah satunya Pantai Cemara yang terletak di wilayah Pakis, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Selain menawarkan pesona bahari, pantai ini menjadi tempat wisata edukasi.

Pada tahuh 2011, berawal dari niat baik warga setempat menanam pohon cemara kini tumbuhlah menjadi tempat wisata. Berdasarkan keterangan seorang Ibu (Sumi) yang ikut menanam pohon cemara sejak awal, dulu Pantai Cemara hanya pantai lepas biasa yang bernama Pakis Rejo, namun suatu hari terjadi abrasi pantai yang membuat wilayah pesisir laut terkikis sehingga lahirlah gagasan untuk menanam pohon cemara agar abrasi tidak kembali terjadi. Seperti namanya, pantai ini dikelilingi oleh pohon cemara yang rindang. Tidak hanya menyuguhkan wisata bahari, kini Pantai Cemara menjadi wilayah konservasi penyu dan pohon cemara. 

Pantai Cemara memiliki pesona yang berbeda dari pantai biasanya. Pohon cemara inilah yang menjadi primadona di pantai ini, sepanjang pantai mata kita akan di manjakan dengan rindangnya pohon cemara. Terdapat wilayah inti di sini, yaitu konservasi pohon cemara yang suasananya terasa sangat asri. Humus pohon cemara menghiasi wilayah ini,  menutupi pasir hitam sehingga akan terasa miliki karpet alami. Wilayah inti ini tidak selalu dibuka, hanya pada waktu tertentu saja karena untuk tetap menjaga kealamiannya, pengunjung-pun tidak boleh melakukan banyak aktivitas di dalamnya, hanya tracking saja menikmati rindangnya. Namun tidak perlu khawatir, pengunjung tetap bisa menikmati pesona pohon cemara di luar wilayah konservasi yang tak kalah mempesona. 

Tak hanya pohon cemara, Pantai Cemara juga dikenal dengan penangkaran penyu. Sudah lebih dari 5000 telur penyu yang menetas, dirawat dipenangkaran sampai dilepas ke habitatnya. Sepanjang tahun 2017 ini kurang lebih sudah 60 penyu yang bersarang di Pantai Cemara, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 30 ekor saja. Penyu yang berada di sini beragam jenis, yaitu penyu hijau, penyu lekang, dan lainnya. Saat ini terdapat seekor penyu hijau yang dalam perawatan. 
"Penyu ini ditemukan terdampar di wilayah pantai cemara dalam kondisi terluka. Setelah kondisinya membaik, penyu ini akan di lepas kembali ke habitatnya", kata Ruslan seorang penjaga konservasi penyu tersebut. "Pengunjung juga bisa ikut serta melepasliarkan penyu ke habitatnya" tambah Ruslan. Ruslan begitu baik dan ramah memberikan informasi dan edukasi kepada pengunjung mengenai penyu. 
 
Setelah lelah berkeliling, pengunjung dapat menikmati pantai dengan duduk santai di bawah pohon cemara yang rindang sambil menikmati kelapa muda juga tahu walik di sepanjang warung yang ada di sana. Sangat asik untuk mengisi liburan akhir tahun bersama keluarga atau teman sejawat. Datanglah, lalu nikmati pesona dan ceritanya. 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita