Puskesmas Jiput Sambut Baik Kedatangan Tim Akreditasi Kementrian Kesehatan RI

INDONESIASATU.CO.ID:

 

Pandeglang, Banten, - Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Jiput menyambut baik kedatangan Tim Akreditasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Sabtu (17/11).

Kepala Puskesmas Jiput, Nining Yuningsih Str.keb, diruang kerjanya kepada indonesiasatu.co.id mengatakan, akreditasi ini berlangsung selama tiga hari, " Dengan adanya akreditasi penilaian ini, Puskesmas jiput diharapkan mampu meningkatkan kualitas dalam pelayanan terhadap masyarakat khususnya dibidang kesehatan.

Kedatangan tim dari komisi akreditasi Kementerian kesehatan kata Nining, merupakan penilaian terhadap fasilitas kesehatan tingkat pertama atau pemula, dengan tujuan guna mengetahui level Puskesmas itu sendiri. 

Saat ini pelayanan Puskesmas Jiput berjalan optimal meskipun belum memiliki fasilitas rawat inap. Namun kendati demikian ujar Nining masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Puskesmas Jiput seperti, pelayanan IGD , pelayanan imunisasi, pelayanan persalinan, dan pelayanan rawat jalan. 

Hal senada dikatakan Kasubag Puskesmas, Mila Rahayu, SG.z. menurutnya, hasil penilaian atas akreditasi yang dilakukan tim dari Kementrian Kesehatan RI untuk Puskesmas Jiput tentu belum ada. Karena ada kegiatannya masih berlangsung dan belum selesai. Tentu harapan adanya akriditasi ini Puskesmas Jiput menjadi lebih baik terutama dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Dengan adanya akreditasi ini juga minimal kami bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada di Puskesmas ini", imbuhnya seraya menambahkan, pihaknya meminta dukungan dari semua pihak demi agar  Puskesmas Jiput mendapat akreditasi yang baik sehingga menghasilkan kualitas yang baik, dengan demikian masyarakat pun akan merasa puas.

Sementara salah satu petugas dari tim Kementerian Kesehatan, Drs. Elon Sirait. Apt. Msc.PH. Bagian  Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan, ketika dimintai penjelasannya terkait sistem penilaian akreditasi kepada indonesiasatu.co.id menjelaskan, penilaian yang dilakukan ada 3 ( tiga ) komponen yang dipotret diantaranya, pertama administrasi dan manajemen, kedua Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan ketiga Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

Dikatakannya, akreditasi ini berkelanjutan, karena setelah tiga tahun mendatang akan ada penilaian ulang. Untuk itu jika Puskesmas sudah masuk akreditasi baik maka itu harus dipertahankan sebaliknya jika kurang tentu harus diperbaiki agar sesuai standar.

"Ini yang dinamakan perbaikan mutu yang berkelanjutan, itu konsep tujuanya yaitu keselamatan, kemaslahatan di wilayah kerja Puskesmas Jiput. Namun itu juga tidak berarti karena sudah di akreditasi sekarang petugas puskesmas bisa santai...!",Pungkasnya (Ade/dhank)

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita