Sejuta Aksi Barongsai Iringi Launching Brawijaya Cycling Club

INDONESIASATU.CO.ID:

KEDIRI - Dalam rangka launching Brawijaya Cycling Club dan dinobatkannya Pangdam V/Brawijaya sebagai Bapak Gowes, Kodim 0809/Kediri mengelar Kediri Road Bike dengan rute seputaran Kediri dan menempuh jarak sekitar 25 km. Terlepas dari perjalanan yang menempuh puluhan kilometer peserta road bike disambut seni barongsai dari Paguyuban Barongsai dan Liang Liong Tjoe Hwie Kiong. Tidak hanya para bikers saja yang menikmati hiburan ini, tetapi warga Kediri yang secara kebetulan melewati Makodim Kediri, menyempatkan diri untuk berhenti dan melihat tontontan aktratif tersebut, jumat (11/05/2018)

Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Kapolresta Kediri AKBP Anton Haryadi dan Danyon 521/DY Letkol Inf Andri Adriyanto Wibowo, menyempatkan melihat secara live, berbagai atraksi yang dipertontonkan para pemain barongsai dan liang liong di areal Makodim Kediri.

“Kita bekerjasama dengan Paguyuban Barongsai dan Liang Liong Tjoe Hwie Kiong, yang kebetulan, eksis di Kediri atau tepatnya di kelenteng Tjoe Hwie Kiong, sebelah barat Makoramil Kota. Kesenian sekaligus hiburan ini bisa menjadi tontonan tersendiri, baik para peserta maupun masyarakat yang kebetulan melewati Makodim,” kata Pasi Ter Kodim Kediri Kapten Inf Warsito.

Terkait para pemain barongsai, ia menjelaskan bahwa mereka ini adalah pemain profesional dan sudah pernah mengikuti berbagai event atau lomba. Kemampuan mengatur gerakan barongsai, tidaklah semudah membalik telapak tangan dibutuhkan latihan yang rutin dan kekompakan.

Sebagaimana dituturkan Prayitno, yang juga pengurus Kelenteng Tjoe Hwie Kiong ,”Para pemain barongsai perlu ketekunan berlatih dan menjaga kekompakan. Tidak bisa seseorang bekerja sendirian, pasti butuh orang lain, sama halnya para pemain ini, butuh kekompakan dalam beratraksi.”

Baginya, kesenian adalah wujud dari pemikiran manusia yang digambarkan dalam bentuk gerakan. Setiap pemain barongsai, menurutnya pantang mengutamakan individualnya, karena akan berakibat tidak seimbangnya gerakan yang ditunjukkan kepada penonton.

Senada dengan Prayitno, Sekretariat Klenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri Halim Prayogo turut mengomentari, bahwa para pemain barongsai dan liang liong jauh-jauh hari sudah melakukan persiapan dengan berlatih lebih dari sebulan. Latihan tersebut terkait HUT Y.M. Makco Thian Sang Sing Boo dan HUT Kelenteng Tjoe Hwie Kiong beberapa hari lalu, sementara pada acara Kediri Road Bike ini, para pemain tinggal meneruskan saja. (fathoni)

 

Index Berita