Sidang Paripurna Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2018, Ini Jawaban Bupati Pasaman

indonesiasatu, 09 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis sampaikan jawaban atas pemandangan akhir dari tujuh fraksi DPRD Kabupaten Pasaman terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pasaman tahun anggaran 2018 bertempat di ruang sidang DPRD Pasaman, Senin (08/07/2019).

Sidang paripurna tersebut, dipimpin langsung oleh, Ketua DPRD Pasaman, Yasri didampingi Wakil Ketua Bona Lubis, dihadiri oleh, anggota DPRD Pasaman, Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, Sekda Pasaman, Sekwan DPRD Pasaman, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Kepala Bagian, dan Kepala Bidang serta undangan lainnya.

Terkait beberapa pemandangan akhir fraksi partai golongan karya (Golkar), terutama melakukan inovasi baru untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, dalam jawabannya Bupati menyampaikan sesuai Undang-undang 28 tahun 2009 dijelaskan bahwa tidak ada ruang bagi kabupaten/kota untuk mencari sumber pendapatan lain selain apa yang telah ditetapkan pada undang-undang tersebut.

"Terkait sumber PAD yang baru, berdasarkan ayat (3) pasal 2 Undang-undang 28 tahun 2019 diyatakan bahwa daerah dilarang memungut pajak selain jenis pajak sebagai mana dimaksud pada ayat (2) pasal 2 Undang-undang nomor 28 tahun 2009. Untuk retribusi daerah, pada ayat (1) pasal 108 UU 28 tahun 2009 dinyatakan bahwa retribusi yang bisa dipungut oleh Kabupaten/kota terdiri atas tiga objek yaitu, jasa umum, jasa usaha dan perizinan tertentu," ujar Bupati.

Menangapi saran dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan agar lebih intens dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang dananya berasal dari APBN seperti Dana Alokasi Khusus, tugas perbantuan dan dana dekonsentrasi. Bupati menyampaikan akan menjadi perhatian, dan akan melaksanakan kegiatan tepat waktu dan tepat sasaran, sehingga dana tahun berikutnya tidak terjadi pengurangan oleh pemerintah pusat.

Selanjutnya, menangapi pandangan fraksi Partai Amanat Nasional-Partai Keadilan Sejahtera, terkait adanya longsor yang menimbun saluran irigasi Lubuk Rasam Kecamatan Lubuksikaping yang mengakibatkan persawahan sulit dialiri, Bupati Pasaman menyampaikan akan segera ditangani pada tahun anggaran 2019 ini.

"Sedangkan untuk petugas pintu air di daerah Bandar Gadang Jambak, bahwa penjaga pintu air tersebut sudah pensiun dan sebagai gantinya akan diusulkan untuk pengangkatan pegawai kontrak pada tahun 2020 mendatang," ujarnya.

Editor: Anto

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami