Beri Vaksin Tenaga Guru, Satgas Yonif 403/WP Sinergi Puskesmas Tower Hitam

    Beri Vaksin Tenaga Guru, Satgas Yonif 403/WP Sinergi Puskesmas Tower Hitam

    YOGYAKARTA - Personil TNI AD dari Yonif 403/Wirasada Pratista yang tugas Pantas RI - PNG di Pos Tower Hitam, Keerom bekerja sana Puskesmas Tower Hitam melaksanakan vaksinasi terhadap tenaga guru di lingkungan Kampung Tower Hitam. 

    Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, dalam rilisnya yang disampaikan ke Mako Yonif 403/Wirasada Pratista di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Jumat, (9/4/2021).

    Menurut Mayor Inf Ade Pribadi Siregar, Satgas Pamtas TNI sebagai garda terdepan di perbatasan harus dapat menjaga kedaulatan NKRI dan terus memberikan pelayanan terhadap masyarakat khususnya di bidang pendidikan. 

    Menyikapi hal itu, di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir, pihaknya turut menjaga kondisi kesehatan tenaga pendidik (Guru) yang bersentuhan langsung dengan siswa-siswinya di sekolah.

    "Agar tetap prima dalam menunaikan tugasnya, para guru ini diberi vaksin Covid-19 untuk meningkatkan  kekebalan imun mereka. Kegiatan pemberian vaksin para guru tersebut, kami sinergi dengan pihak Puskesmas setempat, " ujar Ade sapaan akrab Danyonif 403/Wirasada Pratista ini. 

    Diakui oleh Ade, terkait masih adanya pasien positif Covid-19 di Papua, menimbulkan kekhawatiran masyarakat khususnya para tenaga pendidik (Guru), jika virus asal Wuhan, China ini terus meluas. Olehnya itu, pihaknya minta masyarakat terus mewaspadai penularan Covid ini. 

    “Mengingat pandemi Covid-19 masih terus berlangsung sampai dengan saat ini, maka untuk melakukan upaya pencegahan kita bekerjasama dengan Puskesmas Towe Hitam Kabupaten Keerom dengan bersama-sama menggelar suntik vaksin kepada seluruh tenaga pendidik atau guru di lingkungan kampung Towe Hitam, ” lanjut Ade.

    Dalam pelaksanaanya, Personel Kesehatan Pos Towe Hitam di bawah kendali Danpos Letda Inf Redo bersama-sama dengan Puskesmas Towe Hitam di pimpinan Kepala Puskesmas, Lobang (53). 

    Kepala Puskesmas Towe Hitam, Lobang (53) menyampaikan penyuntikan Vaksin Covid-19 di laksanakan 2 (dua) kali secara berkala, dari tahap pertama berjarak 14 hari sampai waktu penyuntikan berikutnya. Tahapan kegiatan pemberian Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Towe Hitam dimulai pendaftaran dan validasi peserta vaksin, Screening (anamnesa dan pemeriksaan fisik).

    Jika memenuhi syarat akan dilaksanakan suntik vaksin, sampai kepada tahap terakhir adalah pencatatan dan observasi hasil dari vaksinasi.

    “Dengan diselenggarakannya Vaksinasi Covid-19 bagi para Guru di Towe hitam ini diharapakan dapat menurunkan angka penularan Covid-19 dan mendorong terbentuknya “Herd Immunity” (kekebalan kelompok) untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dan kesehatan tubuh secara menyeluruh serta dapat membantu program pemerintahan dalam percepatan Vaksinasi secara masal.” Tutup Lobang. (Rils/Muhis) 

    Justisia

    Justisia

    Artikel Sebelumnya

    Tradisi Padusan Harus Patuhi Protokol Kesehatan

    Artikel Berikutnya

    Transaksi Exspor - Impor PT.Sinar Laut ...

    Berita terkait