Naik ke Tingkat Penyidikan, DPP KNPI Minta Polri Tetapkan Abu Janda Tersangka

    Naik ke Tingkat Penyidikan, DPP KNPI Minta Polri Tetapkan Abu Janda Tersangka

    JAKARTA -  Mabes Polri memastikan kasus dugaan rasis dan penistaan agama dengan terlapor Permadi Arya alias Abu Janda masih berjalan. Bahkan, penyidik Bareskrim telah menaikan pada tahap penyidikan. 

    “Kami selaku pelapor telah menerima Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dari Direktur Tipidsiber Bareskrim Polri selaku penyidik, yang isinya antara lain menerangkan bahwa laporan DPP KNPI terhadap Heddy Setya Permadi alias Permadi Arya alias Abu Janda. Tentang  ujaran kebencian dan penistaan agama, telah berada pada tahap penyidikan, ”ujar Ketua Bidang Hukum DPP KNPI Medya Rischa Lubis, Rabu (3/3/2021).

    Medya melanjutkan, dalam kasus tersebut penyidik Bareskrim telah mempunyai dua bukti permulaan. Sebelumnya, kata dia penyidik juga telah memeriksa sejumlah saksi ahli. Diantaranya, saksi ahli Bahasa, saksi ahli pidana, saksi ahli ITE dan dari saksi MUI Pusat.

    “Artinya telah ditemukan sedikitnya dua bukti permulaan yang cukup atas pasal pidana yang dilaporkan. Di samping itu SP2HP tersebut juga menerangkan bahwa penyidik telah memeriksa saksi-saksi dan beberapa saksi ahli bahasa, pidana, ITE, dan agama, ” ulasnya. 

    Oleh karena itu, Medya berharap penyidik  dapat menaikan status Abu Janda sebagai tersangka berdasarkan pemeriksaan saksi ahli dan bukti-bukti yang cukup.
      
    “Kami selaku pelapor berharap agar selanjutnya penyidik dapat bekerja secara profesional dan segera menetapkan status  AJ menjadi tersangka. Hal tersebut sejalan dengan Surat Edaran (SE) Kapolri agar  pengusutan kasus UU ITE tetap berjalan, jika kasus itu menyangkut soal SARA dan hal pemecah belah lainnya, ” pungkasnya.

    Justisia

    Justisia

    Artikel Sebelumnya

    Himbauan Tokoh Papua Kepada Seluruh Warga...

    Artikel Berikutnya

    Transaksi Exspor - Impor PT.Sinar Laut ...

    Berita terkait